-->

Ads 720 x 90

Gerakan-gerakan Dasar Poomsae Latihan Taekwondo yang Remeh. Betulkah?

Gerakan-gerakan Dasar Poomsae Latihan Taekwondo yang Remeh. Betulkah? - Assalamu’alaikum. Langsung aja ya. Beberapa kali ngecek dashboard blog ini, perhatian saya teralihkan oleh statistik pengunjung website yang lain dari biasanya. Dari banyak postingan, ada satu konten yang total view nya menanjak drastis ketimbang artikel lainnya.

Gerakan Dasar Latihan Taekwondo Poomsae


Postingan saya yang ini [Taktik dan Teknik Kyorugi dalam Taekwondo] mendapatkan view yang melonjak. Maka dari itu, saya coba sediakan tulisan-tulisan tentang taekwondo buat memenuhi permintaan pasar saat ini. Hehe

Kalau pada artikel mengenai taekwondo sebelumnya aku bahas berbagai mengenai kyorugi (tarung), kali ini saya akan cerita sedikit mengenai Poomsae. Apakah itu poomsae? Jika sependek pengetahuan saya aja Poomsae itu suatu sistem metode latihan taekwondo berupa praktek menyerang & bertahan menghadapi lawan imajiner (bukan sungguh-sungguh).

Poomsae terdiri dari variasi beberapa bentuk kuda-kuda, tendangan, pukulan, tangkisan, dan sebagainya yang dilandasi oleh prinsip-prinsip filosofi yang mendalam.

Nah, dari dulu (mungkin bahkan sekarang) atlet Taekwondo itu identik dengan kyorugi, sebagian besar taekwondoin berkarir pada kyorugi. Poomsae dulunya sedikit peminatnya, dan cenderung di lihat sebelah mata.

Pada kyorugi beban latihannya berat, olah fisik yang teratur, berlatih teknik dan mental, dll. Sehingga membuat suatu stigma ataupun pandangan jika menjadi atlet kyorugi merupakan segala-galanya.

Seiring bertambahnya regulasi paling baru dari WTF (World Taekwondo Federation) pertandingan taekwondo sekarang tidak hanya mempertandingkan kelas kyorugi saja, tapi muncul “mainan” baru, yaitu pertandingan poomsae. Saat ini, pertandingan poomsae banyak disisipkan (exhibition) pada tiap-tiap pertandingan taekwondo.

Karena merupakan “mainan” baru, maka banyak yang menganggap remeh & menganggap sebelah mata, baik pertandingannya maupun atletnya. Banyak yang salah sangka, bahwa ikut pertandingan poomsae itu sangat mudah. Nggak perlu latihan fisik, teknik, mental, sampai nggak harus capek-capek latihan layaknya pertandingan kyorugi.

Jika kita menganggap demikian, maka mulai sekarang hilangkan pola pikir seperti itu. Seorang atlet poomsae tidak bisa di lihat sebelah mata.

Poomsae adalah serangkaian gerakan yang begitu butuh konsentrasi penuh di setiap gerakannya, dituntut untuk menghasilkan gerakan yang indah, penuh tenaga yang ideal, jadi menimbulkan satu seni tersendiri untuk yang melihatnya.

Melakukan gerakan poomsae perlu latihan yang intensif, latihan teknik yang tepat, fisik yang kuat (dalam hal ini, soal pengaturan pernapasan), dan tentu butuh mental yang kuat.

Kenapa harus memiliki mental yang kuat? Bukankah kalian tak head to head dengan lawan, maupun tidak bertarung dengan siapapun?

Memang anda tidak berhadapan dengan lawan seperti di kyorugi, yang kalian hadapi merupakan penonton, wasit, & diri anda sendiri. Apalagi kalau kamu bertanding pada kelas individu, kalau mental kamu tak siap, maka yang terjadi ialah …. (silahkan tebak sendiri)

Kenapa kudu berlatih intensif buat menghadapi satu pertandingan poomsae? Kenapa harus latihan fisik & teknik segala?

Poomsae yang dipertandingkan, menuntut satu satu nya kesempurnaan, yang menilai adalah penonton, wasit, & diri kalian sendiri. Untuk mencapai kesempurnaan poomsae, diperlukan latihan yang intensif, fisik yang prima (agar tak ngos-ngosan setelah melakukan poomsae), dan teknik yang tepat.

Menjadi atlet poomsae ialah satu kebanggaan tersendiri, sama seperti atlet kyorugi, jika tak semua taekwondoin mampu jadi atlet, apalagi jadi atlet yang langganan juara.

Jadi apapun background kalian (poomsae ataupun kyorugi) anda mesti bangga dan selalu mempunyai semangat tinggi untuk mencapai prestasi setinggi-tingginya. Begitulah jiwa seorang taekwondoin sesungguhnya.

Beberapa Jenis Gerakan-gerakan Dasar Poomsae Latihan Taekwondo yang Remeh. Betulkah?


Nah, ketimbang hanya curhat gak jelas nih. Sekalian saya share saja ya jenis latihan taekwondo Poomsae untuk gerakan-gerakan dasar yang fundamental. Meski gerakan dasar, namun dampak yang ditimbulkan latihan gerakan ini luar biasa (namanya juga fundamental hehe). Tapi sayangnya, banyak orang yang tidak mengerti hal ini melihat latihan taekwondo poomsae sebelah mata.

Karena sederhana, jadi bisa dilakukan di rumah loh, mari lihat latihan taekwondo poomsae apa saja yang meski sederhana tapi tidak dapat dipandang sebelah mata.

  1. Kuda-Kuda

Di dalam seni beladiri model apapun, teknik atau gerakan kuda-kuda selalu menjadi dasar pondasi diri untuk melakukan penyerangan atau pertahanan diri dari serangan lawan. Walaupun gerakan ini terlihat sederhana, tapi sangat mempengaruhi keseimbangan tubuh yang kamu miliki.

Semakin kuat teknik kuda-kuda yang bisa anda ciptakan, maka tubuh bakal semakin seimbang saat menerima tebasan ataupun serangan dari lawan.

Sedangkan untuk teknik gerakan kuda-kuda sendiri kamu dapat melatihnya dengan berbagai pilihan yang ada pada teknik taekwondo, seperti Ap Koobi, Ap Seogi, Moa Seogi, Beom Seogi, Dwit Koobi, Joochoom.

  1. Pukulan

Selain melatih kekuatan teknik atau gerakan kuda-kuda, solusi untuk berlatih dan menguasai gerakan dasar taekwondo sendiri di rumah juga dapat anda lakukan dengan mempertahankan kekuatan pukulan.

Gerakan pukulan jadi gerakan yang sangat dasar didalam beladiri taekwondo. Biasanya gerakan ini dilakukan untuk menyerang lawan. Untuk latihannya sendiri kalian dapat memakai beberapa cara, seperti dengan gerakan memukul di alat samsak yang menitik beratkan di kekuatan otot lengan.

Latihan seperti} ini disamping dapat menciptakan tekni maupun gerakan pukulan yang bagus, juga akan membuat kekuatan pukulan yang seimbang. Makin kuat pergerakan samsak yang kamu pukul, maka makin ok pula teknik pukulan yang terjadi.

  1. Tendangan

Selain melatih teknik atau gerakan pukulan, dalam taekwondo seseorang juga harus memiliki tendangan kaki yang kuat, tepat, & seimbang. Tendangan kaki yang kuat & benar tentunya tak bisa terjadi secara sendirinya. Kalian harus banyak melatihnya dengan beberapa gerakan sendiri.

Karena tendangan itu semakin menitik beratkan di kekuatan otot tungkai. Sehingga pilihan yang bisa anda lakukan juga mesti berfokus pada kekuatan & kelenturan otot-otot di kisaran tungkai.

Untuk melatih tendangan sendiri di rumah, maka solusi yang sangat mudah buat kita lakukan bisa dengan penggunaan samsak untuk media tendangan kaki yang akurat. Selain itu untuk menciptakan kekuatan & kelenturan di otot kaki kalian juga dapat melatihnya dengan banyak gerakan misalnya gerakan squat, teknik side kick, split, gerakan drill yang terfokus di kaki & lain sebagainya.

  1. Tangkisan

Selain memakai latihan dengan gerakan-gerakan di atas, di dalam taekwondo sendiri juga nggak ketinggalan dengan banyak gerakan maupun teknik tangkisan yang memukau. Teknik tangkisan atau yang biasa disebut dengan makki merupakan beberapa gerakan yang bisa dibuat buat menghalangi musuh saat menyerang anda.

Gerakan makki dalam taekwondo terbagi jadi beberapa, seperti Area Makki, Momtong An Makki, Batang Son Makki, Eolgol Makki, Sonnal Makki, Hecho Makki, Bakkat Makki, & masih banyak lagi. Dari beberapa gerakan tersebut, kamu dapat melatihnya sendirian di rumah.

  1. Tusukan atau Sabetan

Selain melakukan latihan tangkisan ataupun teknik gerakan makki. Dalam melakukan latihan taekwondo sendiri di rumah juga nggak ketinggalan dengan gerakan sabetan atau tusukan. Meskipun taekwondo sering diketahui sebagai seni beladiri yang mengutamakan gerakan pukulan dan tendangan, namun gerakan sabetan & tusukan juga mutlak untuk kamu latih. Gerakan-gerakan seperti itu biasa kamu gunakan buat melumpuhkan musuh dengan menyerang sisi vital.

Meskipun jarang digunakan, namun tidak ada salahnya untuk melakukan latihan taekwondo gerakan sabetan maupun tusukan dengan beberapa teknik tertentu. Untuk gerakan & teknik sabetan sendiri, maka cobalah untuk menitik beratkan energi pada sisi lutut & sikut. Karena pada bagian tersebut anda bisa melumpuhkan gerakan musuh dengan lebih cepat.

Mungkin itu dulu yang bisa saya bagikan saat ini, sebenarnya masih banyak lagi teknik & gerakan-gerakan dasar dalam latihan taekwondo yang dapat kamu praktekkan di rumah. Namun aku rasa 5 gerakan di atas sudah sangat cukup. Semangat latihan ya!
Newest Older

Tulisan Terkait

Post a Comment

Berlangganan Artikel Terbaru