-->

Ads 720 x 90

Tips Sukses Melamar Kerja

Tips Sukses Melamar Kerja - Apa kabar kawan? Harus baik pokoknya, karena sekarang tanggal 12 Mei ! Ada apa dengan tanggal 12 Mei itu? Tanggal 12 Mei adalah hari ke-12 pada bulan ke-5 tahun ini. Istemewa kan? Enggak banget biasa aja. Ah sudah lah enggak lucu.



Langsung saja pada tanggal 12 Mei yang istimewa ini (sudah di bilang biasa aja) saya akan berbagi sedikit informasi tentang dunia kerja kawan. Hal itu dikarenakan akhir-akhir ini saya sedang di sibukkan dengan kegiatan yang berhubungan dengan dunia kerja, dari mulai mencari lowongan kerja sebagai karyawan tetap, kerja sampingan, maupun berbisnis online.

Yap, hal itu saya lakukan di sela-sela saya menunggu pengumuman kelulusan SMK. Oleh karena itu kali ini saya akan mengulas tentang Tips Sukses Melamar Kerja. Kita ulas satu persatu yuk, mulai dari :

KEMANA MENCARI MATERI LOWONGAN KERJA ?


1. Kantor Depnaker.
2. Bursa Kerja Sekolah
3. Media Cetak (B.Post-Radar, buka iklan baris!)
4. Media Elektronik (Radio lokal, Internet)


APA YANG HARUS DI SIAPKAN ?


1. KTP
2. Kartu Kuning (Kartu Pencari Kerja)
3. STTB/IJAZAH
4. Pas photo 2x3, 3x4, 4x6
5. Surat Lamaran bermaterai
6. SKKB (Surat Keterangan Kelakuan Baik) / SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)
7. Daftar Riwayat Hidup


HAL LAIN YANG PERLU DIPERHATIKAN :


1. Pakaian yg sesuai (rapi dsn sopan)
2. Sertifikat kursus (optional)
3. Mental (jangan GUGUP, ingat ! optimis membawa kesuksesan)
4 .Sesuaikan kualifikasi skill dengan kebutuhan kerja.
6 .Saya sarankan banyak bergaul dengan teman yang sudah bekerja (sebagai motivasi dan sumber referensi)


APA TUJUAN BEKERJA ?


1. Sebagai sampingan untuk mencari jodoh. (maaf yang ini saya tulis pada nomor 1 (^,^)
2. Mencari penghasilan (untuk kehidupan sekarang dan masa depan (buat jodoh lagi) -_- )
3. Mencari Pengalaman
4. Mencari teman dam relasi
5. Daripada menganggur ( yang ini tujuan paling realistis -_- )

APA SAJA YANG DISELEKSI KETIKA MELAMAR KERJA ?


1.Administrasi (Berkas Lamaran)
2.Akademis ( Skill, Kualifikasi pendidikan)
3.Wawancara (biodata, kesiapan mental, pengetahuan)
4.Kesehatan (SK kesehatan dari Puskesmas/Rumah Sakit)


CARA CERMAT SEBELUM MENGIRIM LAMARAN



Sumber informasi lowongan kerja bermacam-macam kawan, bisa dari saudara, teman, atau dari berbagai bentuk media informasi, seperti internet, email, televisi dan media cetak. Khusus iklan lowongan kerja dimedia cetak, ada beragam bahasa, tampilan dan tingkat kedetailan informasi dipublikasikan.
Yang menggunakan bahasa inggris ada, yang berbahasa indonesia pun sangat banyak. Tampilannya ada yang menarik, tak sedikit pula yang agak menarik dan cenderung ke biasa-biasa saja (^,^).
Namun, yang lebih penting dari semua itu adalah kedetailan informasi yang disampaikan. Dengan informasi rinci itu, orang yang hendak melamar pun tau apakah lowongan itu cocok atau tidak.
Ketika anda membaca lowongan pekerjaan dan ingin mencoba menulis surat lamaran, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu apakah persyaratan dan kriteria yang dicantumkan dapat dipenuhi. Sekedar mengingatkan, berdasarkan pengalaman dan nasehat teman-teman yang sudah bekerja,

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika hendak menulis surat lamaran,  diantaranya :

1.Posisi yang dibutuhkan. Dengan mengetahui posisi atau bidang pekerjaan, bisa diketahui sesuai tidaknya posisi itu dengan kemampuan kita. Sebaiknya prioritaskan lowongan pekerjaan yang jelas posisi atau bidang pekerjaannya kawan.


2.Persyaratan. Persyaratan yang dikemukakan termasuk hal utama mesti dipertimbangkan sebaiknya, pilih lowongan pekerjaan yang persyaratannya bisa dipenuhi, ini agar kita mendapat peluang atau prioritas lebih besar untuk lolos dalam proses seleksi.

3.Bahasa. Bahasa yang digunakan pun terkadang bisa menunjukkan suatu persyaratan yang tersirat atau tak tertulis dalam iklan. Bila iklan lowongan
pekerjaan menggunakan bahasa inggris, misalnya calon pelamar sebaiknya menguasai bahasa inggris secara pasif maupun aktif.

4.Jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan. Apabila posisi yang diinginkan dalam iklan sesuai dengan kemampuan anda, sebaiknya tengok juga berapa jumlah tenaga yang dibutuhkan. Tujuannya, untuk memperkirakan peluang lolos. Kemungkinan lolos semakin besar bila jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan untuk posisi tertentu semakin banyak.

5.Nama perusahaan. Dalam iklan lowongan kerja, ada perusahaan mencari tenaga kerja yang mencantumkan nama perusahaan, adapula yang tidak, kejelasan nama perusahaan paling tidak bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk menulis dan mengirimkan surat lamaran.

6.Masa penerimaan lamaran. Sebaiknya, serahkan atau kirimkansurat lamaran sesuai batas waktu yang diberikan. Apabila dalam iklan tidak tercantum batas akhir penyerahaan atau pengiriman lamaran, sebaiknya surat lamaran diserahkan atau dikirimkan hari itu juga.

7.Alamat lamaran. Dengan mengetahui alamat perusahaan pemasang iklan,kita akan lebih mudah menghubunginya untuk meminta informasi. Namun,pada kenyataanya ada perusahaan yang tidak mencantumkan alamat perusahaannya. Sebagai pengganti, dalam iklan akan dicantumkan PO BOX,no faxsimil, atau alamat email untuk pengiriman lamaran.

8.Cara pengiriman lamaran. Apabila dalam iklan tidak dicantumkan cara pengiriman surat lamaran, tetapi alamat perusahaan pencari tenaga kerja dicantumkan dengan jelas,sebaiknya serahkan secara sendiri surat lamaran kita.

Keuntungan cara ini, kita bisa melihat secara langsung keadaan, bonafiditas dan prospektifitas perusahaan. Namun,bila alamat itu tidak dicantumkan apa boleh buat kita cuma bisa mengirimkan lamaran via kotak pos, faxsimil atau email.

Mudah-mudahan dengan mencermati isi sebuahiklan lowongan pekerjaan, kekecewaanakibat salah kirim surat lamaran tidak terjadi. Syukurbila dari iklan di media cetak, anda diterima sebagaikaryawan baru disebuah perusahaan.

SURAT LAMARAN

Surat lamaran  terdiri dari beberapa berkas, yaitu :

1.Curicullum Vitae ( CV ) atau Data Diri,
2.Sertifikat/ License/Ijasah Kursus (yang menunjang popularitas kamu supaya itu
   perusahaan  tambah yakin),
3. Pas foto 3×4, 4×6, 2×3 secukupnya.

Untuk contoh surat lamaran dan Curicullum Vitae bisa di download   di sini

Oke saya rasa Tips Sukses Melamar Kerja di atas bisa kawan coba terapkan dan semoga bisa mengantarkan kawan sekalian di gerbang kesukssan. Aamiin...
Salam Sukses !

Tulisan Terkait

11 comments

  1. makasih gan infonya, lumayan buat referensi ane buat nyari kerja nanti :)

    ReplyDelete
  2. terima kasih banyak infonya gan.. :D
    btw... tempaletnya keren gan ;)

    ReplyDelete
  3. Bahasa memang faktor utama ,baik lisan ataupun tulisan kudu mengena biar sukses melamar kerja..

    ReplyDelete
  4. makasih gan tipsnya :D
    sangat bermanfaat banget nih :D

    ReplyDelete
  5. berguna buat masa depan nanti, harus siap siap ..:) jangan lupa berkunjung

    ReplyDelete
  6. sangat berguna untuk masa depan yang cerah :D

    ReplyDelete
  7. Sopan santun , tatakrama dan cara berbicara yg baik memang yg menjadi faktor penting..

    Thank udah share gan :-)

    ReplyDelete
  8. Info yang sangat bermanfaat gan.. salam dr ngawi selatan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Berlangganan Artikel Terbaru