Kamis, 17 April 2014

Fisiologi Olahraga

0 komentar
Salam Sukses !
Alhamdulillah kawan… Ujian Nasional telah saya lalui dengan lancar. Terimakasih atas doa kawan-kawan yang membuat saya semakin percaya diri dalam menghadapinya. Dan maaf selama satu minggu terakhir ini saya vakum posting dan baru kali ini saya sempatkan ^_^

Kali ini saya akan mengulas sedikit mengenai Fisiologi Olahraga. Mengapa? Karena pada SNMPTN lalu saya mengambil prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (semoga keterima aamiin ^_^ ) yang pastinya akan mempelajari apa yang disebut Fisiologi Olahraga.

Hanya sekedar berbagi apa yang saya pelajari kawan. Oke langsung saja untuk memahami kajian dasar tentang fisiologi olahraga, akan kita kaji dari :
Hakekat fisiologi, hakekat olahraga dan hakekat fisiologi olahraga.

Fisiologi :

Fisiologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu : Physis dan Logos, dimana Physis = alam / makhluk hidup dan Logos yang berarti cerita, kajian / ilmu. Sehingga jika digabungkan menjadi cerita, kajian / ilmu tentang mahkluk hidup (tumbuhan, hewan dan manusia).
Cabang ilmu yang berkembang dari/dalam fisiologi adalah : Biokimia, Biomekanika, Biofisika, Dan Farmakologi.
Dalam fisiologi yang dipelajari bukan bagian-bagian atau struktur tubuh mahkluk hidup, tetapi fungsi dan cara kerja organ-organ tubuh mahkluk hidup, sehingga secara keseluruhan Fisiologi dapat kita artikan sebagai :
Ilmu yg mempelajari fungsi dan cara kerja organ-organ tubuh serta perubahan-perubahan yang terjadi akibat pengaruh dari dalam maupun dari luar tubuh.

Olahraga :

Secara umum pengertian olahraga dapat kita lihat sebagai :
Suatu rangkaian kegiatan keterampilan gerak atau memainkan objek, yang disusun secara terstruktur dan sistematis dengan menggunakan suatu batasan aturan tertentu dalam pelaksanaannya.

Dari pengertian diatas dapat kita lihat bahwa, didalam olaharaga secara pasti terdapat aktivitas fisik dalam bentuk gerak dan latihan, sehingga dalam kaitannya dengan mempelajari fisiologi olahraga kita akan melihat olahraga dari sudut pandang aktivitas gerak dalam proses latihan dan kompetisi.

Fisiologi Olahraga :

Dari kajian tentang fisiologi dan olahraga diatas, dapat kita buat hubungan antara kajian teori fisiologi dan olahraga menjadi suatu kajian teori baru tentang fisiologi olahraga. Dimana kajian terori tentang fisiologi olahraga ini membahas tentang fungsi – fungsi kerja organ tubuh dan keterlibatan organ tubuh manusia dalam aktivitas gerak. sehingga pengertian fisiologi olaharaga adalah :
Bagian atau cabang ilmu dari Fisiologi yang secara khusus mempelajari tentang fungsi/cara kerja organ tubuh dan perubahan yang dapat terjadi baik secara sementera maupun secara menetap karena sebuah aktivitas fisik (gerak) atau latihan fisik.

Dalam hal ini tentunya akan dibahas pengkajian tentang : bagaimana perubahan itu terjadi dan apa yang perlu dilakukan untuk mendapatkan perubahan fungsi organ tubuh dengan program-program latihan fisik yang dilakukan guna mendapatkan perubahan fungsi dan cara kerja organ tubuh yang baik secara efektif dan efisien.

Hubungan Mempelajari Fisiologi Olahraga dengan Kebugaran Jasmani :

Karena yang dipelajari disini adalah fisiologi dalam lingkup olahraga, tentunya sangat berkaitan erat dengan kebugaran jasmani, karena salah satu penunjang kegiatan/aktivitas olahraga adalah faktor kebugaran jasmani, sehingga dengan mempelajari fisiologi olahraga, kita akan mengetahui dengan jelas bagaimana cara meningkatkan fungsi kerja organ tubuh yang dibutuhkan pada saat manusia bergerak secara lebih efektif dan efisien.

Faktor – faktor kajian dalam fisiologi olahraga :
Dalam fisiologi olahraga, akan kita kaji beberapa hal penting yang berhubungan langsung dengan aktivitas gerak, yaitu :
KAJIAN TENTANG OTOT RANGKA PADA MANUSIA.
KAJIAN TENTANG SERABUT OTOT PADA MANUSIA.
KAJIAN TENTANG KONSEP KONTRAKSI OTOT PADA MANUSIA.
KAJIAN TENTANG SUMBER ENERGI GERAK PADA MANUSIA.
KAJIAN TENTANG KEMAMPUAN DAYA AEROBIK MANUSIA.
KAJIAN TENTANG PRINSIP PENENTUAN INTENSITAS, FREKUENSI DAN DURASI LATIHAN.
KAJIAN TENTANG PRINSIP DASAR PEMANASAN MENURUT FISIOLOGI OLAHRAGA.

*) link di atas menyusul   ^_^


Oke itulah sedikit ulasan mengenai Fisiologi Olahraga. Pembahasan selengkapnya akan saya tulis pada link di atas (menyusul). Demikian semoga bermanfaat ^_^
Salam Sukses !
askafia-dmca Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Judul: Fisiologi Olahraga
Ditulis Oleh Unknown
Tuliskan komentar dan saran Anda pada kolom komentar di bawah. Mohon hindari SARA , saling cela dsb. Terima kasih. Salam Sukses !

Silakan Berkomentar

Pilih Kategori